Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur

Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur

Penyakit yang disebut plantar fasciopathy (atau plantar fasiosis/fasciitis) ditandai dengan telapak kaki sakit di bagian belakang, terutama saat berdiri pertama setelah tidur semalaman, atau setelah aktivitas sehari-hari beberapa jam. Pada telapak kaki terdapat urat yang disebut plantar fascia yang berfungsi sebagai per atau peredam guncangan saat kita berjalan. Jika per ini bekerja terlalu keras akan terjadi kerusakan dan telapak kaki sakit.

Telapak kaki sakit akibat plantar fasciopathy cenderung berlangsung lama, bulanan. Obat nyeri saja tidak akan memperbaiki masalah. Injeksi steroid hanya akan menghilangkan nyeri sementara dan berisiko urat semakin rusak dan putus.

Faktor biomekanik penyebab peregangan berlebihan plantar fascia harus diperbaiki. Kaki yang terlalu ceper atau terlalu tinggi diberikan alas kaki khusus. Plantar fascia harus diregangkan, juga otot-otot betis, paha belakang dan tulang pinggul yang terlalu lengkung. Peregangan ini akan lebih efektif jika sebelumnya dilakukan fisioterapi dengan aliran panas.

USG muskuloskeletal dapat melihat seberapa bengkak urat telapak kaki yang nyeri. Serabut-serabut plantar fascia yang rusak bisa dirangsang untuk tumbuh kembali. Bisa dengan terapi high-intensity laser dan terapi regeneratif. Jika telapak kaki sakit sudah berlangsung beberapa bulan maka sudah saatnya diberikan terapi regeneratif (injeksi PRP dan proloterapi).

Jika anda sudah bosan dengan nyeri telapak kaki yang tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter kami. Terapi dengan obat nyeri saja tidak cukup, injeksi anti radang juga tidak bisa diberikan berulang kali. Perbaikan biomekanik, laser dan terapi regeneratif lebih bermanfaat untuk mengatasi nyeri telapak kaki anda.

Related Posts

Open chat
Hello
Klik tombol dibawah untuk chat dengan Front office kami