Frozen Shoulder: Penyakit Bahu Kaku dan Sakit

Penyakit yang membuat bahu kaku dan bahu sakit sering disebut sebagai Frozen Shoulder. Penyakit ini sering dimulai dengan nyeri atau bahu sakit yang semakin lama semakin nyeri dan berangsur-angsur timbul bahu kaku. Bahu kaku ini membuat penderita sulit mengangkat dan memutar lengan keluar sehingga sulit menyisir rambut atau menjemur pakaian.

Penyakit bahu kaku dan sakit ini sering mengenai orang yang lengannya tidak bergerak dalam waktu lama misalnya pada patah tulang bahu atau tulang lengan atas, atau orang yang menderita diabetes. Sering juga mendadak mengenai wanita usia sekitar 50 tahun tanpa sebab apapun.

Penderita bahu kaku dan bahu sakit ini dapat melakukan fisioterapi, berupa radiasi panas dan latihan untuk melonggarkan bahu kaku serta stimulasi listrik untuk mengurangi nyeri. Agar fisioterapi efektif, sebelumnya dilakukan injeksi (hidrodilatasi) untuk meregangkan kapsul sendi yang mengkerut. Jika bahu sakit sekali, dapat dilakukan injeksi saraf bahu untuk mengurangi rasa sakit. Kedua injeksi tersebut sebaiknya dilakukan dengan panduan visual USG untuk menjamin akurasi.

Jika anda mengalami bahu kaku, bisa disertai rasa sakit atau tidak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang tepat. Dapatkan diagnosa yang tepat dan terapi yang tepat.

Related Posts

Leave a Reply

Open chat
Hello
Klik tombol dibawah untuk chat dengan Front office kami